Jenis Aset Cripto
ilustrasi : free aset pixabay

Jenis Aset Cripto yang Perlu Kamu Tahu!

Jenis Aset Cripto Yang Perlu Andai KetahuiSelain berinvestasi saham. Salah satu investasi yang sekarang banyak peminatnya dan menjanjikan yaitu investasi Cripto. Setelah mendapatkan valuasi USD 9 miliar pada tahun 2016 lalu, aset cripto mulai banyak diminati mengingat aset digital akan terus berkembang pada saat era digital sekarang ini.

Jenis aset Cripto tidak hanya mengenai cryptocurrency atau mata uang digital saja. ada beberapa jenis aset cripto yang dapat kamu coba jika kamu tertarik untuk mulai berinvestasi pada aset cripto. Simak berikut :

Ulasan Mengenai Jenis Aset Cripto

1. Cryptocurrency (Jenis Aset Cripto Terpopuler)

Cryptocurrency adalah jenis Aset Cripto yang pertama. merupakan mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain guna mengkode dan memverifikasi transfer dana antar sesama pengguna. Mata uang cripto inilah yang pemanfaatannya untuk investasi atau alat pembayaran.

 

Mata uang cripto dapat berupa, Ethereum Bitcoin dan Ripple. Bitcoin (BTC) merupakan mata uang yang paling populer. Selain mata uang cripto, kamu bisa membeli koin alternatif lainnya.

 

2. Token Utilitas

blockchain memerlukan token utilitas ntuk pengoperasian layanan. Aset ini penggunaannya untuk memenuhi kebutuhan tertentu dalam blockchain. Aset ini juga akan memberikan akses bagi pemilik atas fitur dan layanan.

 

bahkan transaksi tertentu, sebagai salah satu contoh token utilitas yaitu Basic Attention (BAT). BAT berguna untuk membantu meningkatkan performa dari kinerja periklanan digital dengan sistem periklanan yang berdasar blockchain.

 

3. Token Sekuritas

Token Sekuritas merupakan jenis aset cripto yang memiliki kinerja yang mirip dengan token utilitas. Bedanya, token sekuritas pemanfaatannya dalam proses crowdfunding proyek cryptocurrency atau blockchain yang baru.

 

TRENDING:  Trading Forex Gratis Tanpa Top Up Deposit 2021

Token sekuritas terdapat pada peer-to-peer trading yang prosesnya langsung dalam bertransaksi obligasi digital asli, ekuitas maupun sekuritas.

 

Pemilik token sekuritas akan memiliki keuntungan meliputi memiliki hak suara/pilih, deviden, profit, rent atau capital gain karena pemilik token sekuritas secara langsung mewakili saham dalam proyek dengan pandangan adanya keuntungan yang akan datang.

 

Token sekuritas harus mendapat pengawasan dan dalam pengaturan sesuai dengan peraturan keamanan federal tertentu. Misalnya di Amerika Serikat, token sekuritas akan diatur oleh yurisdiksi SEC. karena SEC lah yang bertanggunghjawab mengatur penjualan dan pertukaran sekuritas disana.

4. Stablecoin

sesuai dengan namanya, jenis aset digital ini memiliki nilai yang tidak berubah atau stabil karena berdasarkan pada mata uang flat (tradisional) atau aset lain seperti emas. Stablecoin memiliki maksud untuk mengurangi banyaknya arus cryptocurrency atau mata uang digital yang tujuannya adalah menjadi stabil.

 

Jenis aset Cripto ini lumayan mendapat peminatan karena popularitasnya. Contoh beberapa stablecoin yaitu USD Coin (USDC), Gemini (GUSD), Tether (USDT), Paxos (PAX), TrueUSD (TUSD) dan Dai (DAI).

 

5. Cryptocollectibles

Berinvestasi pada uang cripto merupakan investasi pada uang digital yang sejatinya mirip ketika kamu berinvestasi konvensional seperti saham.

 

Ada nilai yang ketentuannya berdasarkan keunikan dan kelangkaan dari uang cripto pada proyek blockchain yang bisa kamu melihatnya pada bursa cripto. Cryptocollectibles adalah salah satu contohnya.

 

Cryptocollectibles merupakan aset cripto yang jenisnya masih langka dan masih sedikit orang yang tahu. Nilai aset ini akan stabil dan jarang mengalami penurunan sehingga aset ini mendapat penilaian jika cocok sebagai salah satu koleksi aset cripto. Salah satu produk Cryptocollectibles yaitu Cryptokitties yang memiliki keunikan tersendiri.

TRENDING:  Aplikasi Saham Online Terpercaya

 

Cryptokitties memiliki keunikan berbentuk gamifikasi dari Ethereum. Seperti dalam sebuah permainan. Dalam bertransaksi dengan aset digital ini, kamu seperti melakukan jual beli kucing digital yang bisa dibesarkan dan dalam pengasuhan di dalam blockchain Ethereum.

 

Kamu dapat memodifikasi ras dengan penampilan yang unik serta mengawinkannya. Ketika tampilan kucing kamu semakin menarik maka harganya akan semakin mahal.

 

Contoh lain dari Cryptocollectibles yaitu Gods Unchained yang berbasis kartu giliran dengan melakukan jual beli kartu ke sesama pemain pada blockchain ethereum.

 

Nah sekian ulasan dari jenis aset cripto yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menemukan set crypto lainnya melalui Platform Situs investasi Aset Digital