Bantuan BPJS Ketenagakerjaan 2021
ilustrasi : free asset pixabay

Ingin Mendapatkan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan 2021, Berikut Persyaratan Lengkapnya

Bantuan BPJS Ketenagakerjaan 2021 – BLT BPJS Ketenagakerjaan sudah cair kepada lebih dari 4 juta pekerja di seluruh Indonesia. Bantuan ini senilai Rp 1 juta ke setiap rekening pekerja. Kementrian Ketenagakerjaan berharap bisa memberikan bantuan subsidi upah kepada pekerja sesuai dengan target.

Subsidi yang diberikan tidak akan dikenakan potongan, bahkan tidak dikenakan biaya administrasi sehingga uang bisa dicairkan seluruhnya. Uang subsidi akan diberikan secara rapelan yaitu sebesar Rp 500.000/bulan selama 2 bulan berturut-turut.

Apa sajakah persyaratan BPJS Ketenagakerjaan?

  • Merupakan seorang warga negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan NIK
  • Aktif dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan paling lambat Juni 2021
  • Seseorang merupakan pekerja/buruh dengan gaji Rp 3,5 juta
  • Penerima merupakan pekerja yang bekerja di wilayah PPKM level 3 dan level 4 sesuai ketetapan pemerintah
  • Bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, bidang industri, real estate atau properti, perdagangan dan jasa yang diutamakan. Kecuali bagi pendidikan dan kesehatan

Bagaimana cara mengetahui BLT BPJS telah cair?

Kalian harus mengecek status apakah kalian diterima sebagai penerima BLT BPJS ketenagakerjaan atau BSU 2021 atau tidak. Untuk melihat status penerima, kalian bisa mengikuti langkah berikut,

Cara Mengecek Status Penerima BLT BPJS :

  1. Buka website kemnaker.go.id;
  2. Lakukan pendaftaran akun apabila kalian belum memiliki akun dengan cara “daftar” kemudian “aktivasi akun”. Kalian akan menerima kode OTP yang dikirim ke nomor hp kalian.
  3. Kalian bisa melakukan Log In sesuai dengan username dan password yang kalian isi di saat pendaftaran
  4. Lengkapi biodata diri kalian seperti foto profil, data diri, status perkawinan dan wilayah
  5. Setelah melengkapi semua, kalian bisa menerima pemberitahuan apakah status kalian diterima sebagai calon penerima bantuan atau tidak. Jika kalian terdaftar maka dana BSU akan tersalurkan langsung di rekening kalian.
TRENDING:  Memilih Model Kebaya Untuk Orang Gendut Agar Terlihat Langsing

Bagi penerima BSU harus memiliki rekening Bank Himbara, jika kalian belum memiliki, sebaiknya kalian membuka rekening baru Bank Himbara. Rekening tersebut akan dibukakan oleh Kemnaker. Kalian hanya perlu datang ke Bank Himbara untuk mengaktifkan rekening tersebut dan mencairkan dana.

Untuk melihat apakah rekening kalian sedang dibuat, kalian bisa membuka website bsu.kemnaker.go.id. kalian akan menerima pemberitahuan mengenai penyaluran dana BSU ke Bank Himbara. Kalian bisa langsung mengunjungi Bank Himbara untuk mengaktifkan rekening lalu mencairkan dana BSU.

Berikutnya BPJS Ketenagakerjaan akan mengirim data calon penerima BSU kepada Kemnaker. Kemnaker akan mengecek apakah data peserta valid melalui BPJS Ketenagakerjaan. Data kemudian di screening oleh Kemnaker. Pekerja yang memenuhi syarat akan menerima proses pencairan melalui KPPN. Dana penerima bantuan akan dipindahkan melalui bank BUMN yaitu Himbara dan Bank Syariah Indonesia untuk wilayah Aceh.

Jika kalian memenuhi persyaratan untuk menjadi penerima bantuan sosial ketenagakerjaan BPJS, kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dipaparkan di atas ya. Sekian artikel mengenai Bantuan BPJS Ketenagakerjaan 2021. Semoga bermanfaat.