Tips Dalam Memilih Custom ROM Agar Mendapatkan Hasil yang Baik

Tips Dalam Memilih Custom ROM Agar Mendapatkan Hasil yang Baik
Tips Dalam Memilih Custom ROM

Halo sobat 48😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tips Dalam Memilih Custom ROM Agar Mendapatkan Hasil yang Baik. Karena untuk saat ini saya belum memiliki konten untuk tutorial lagi, jadi saya isi dengan info-info dan tips yang bermanfaat untuk kalian.

Sebelumnya, apakah kalian sudah tahu apa itu Custom ROM? Buat kalian yang belum tahu, saya akan jelaskan sedikit apa itu Custom ROM. Custom ROM adalah file sistem Firmware perangkat smartphone atau tablet, yang berbasiskan sistem operasi Android yang dimodifikasi dan dikustomisasi sesuai keinginan sang Developer.

Tujuan pembuatan Custom ROM adalah untuk mengubah dan atau menambah fitur dari firmware perangkat Android sehingga mempunyai kemampuan, keandalan serta kinerja melebihi dari apa yang sudah ditawarkan oleh firmware aslinya. Tetapi, selain memiliki kelebihan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada banyak resiko yang harus ditanggung oleh penggunanya. Apalagi kalau ada Bug, pastinya pengguna Custom ROM tersebut merasa tidak nyaman dalam menggunakannya.

Masih banyak pengguna smartphone Android yang asal dalam memasang Custom ROM, hingga akhirnya akan mengeluh karena tidak sesuai dengan ekspektasi. Penyebabnya bisa karena Bug, fitur gak sesuai keinginan, atau bahkan membuat smartphone menjadi lemot. Untuk itu dalam memilih Custom ROM harus melihat catatan yang diberikan oleh sang Developer. Berikut ini akan saya bagikan tipsnya :

1. Cocokan dengan Tipe dan Model Smartphone
Ketika kalian mengunjungi thread Custom ROM, hal pertama yang harus kalian lihat adalah apakah ROM tersebut cocok dengan tipe dan model smartphone kalian. Jika cocok, silahkan lanjut.

TRENDING:  Menyembunyikan Tombol Menu Samsung A10 A20 dan A30

2. Cocokan dengan kebutuhan ROM
Jika Custom ROM tersebut membutuhkan OS default Android 8.0 Oreo dan smartphone kalian masih OS 7.0 Nougat, lebih baik jangan kalian pasang. Karena bisa jadi ROm tidak berjalan dengan baik. Tetapi jika kalian ingin tetap mencobanya, kalian bisa flash firmware, lalu pasang Custom ROM tersebut.

3. Cek ROM Apakah Sudah GSI atau Masih Biasa
Jika smartphone kalian sudah support treble, kalian jangan bingung nyari Custom ROM. Karena kalian cukup cari ROM yang sudah GSI dan cocokan dengan slot treble kalian. Tetapi kalian tetap harus melihat apa saja yang dibutuhkan ROM tersebut.

4. Sesuaikan dengan Spesifikasi Smartphone
Pastinya kalian tidak ingin setelah memasang Custom ROM performa smartphone kalian down kan?  Maka dari itu sesuaikan dengan spek smartphone kalian. Jangan memaksakan.

5. Perhatikan Bug Custom ROM
Custom ROM sudah pasti memiliki Bug. Tapi usahakn cari ROM yang memiliki Bug yang sedikit agar tidak mengganggu aktifitas kalian dan mudah diatasi.

6. Jika Ada Bug, Pastikan Sudah Ada File Fix-nya
Pada dasarnya Custom ROM dibuat oleh beberapa developer bukan dari perusahaan. Jika memang ada Bug dalam ROM tersebut, pastikan ada file Fix-nya agar Bug yang dialami bisa teratasi.

7. Pastikan Custom ROM Mendapat Update
Ini cukup susah karena ada developer yang memberikan update dan ada yang tidak memberikan update. Minimal kalian bisa cari thread yang sudah banyak versi ROM nya

8. ROM Sudah Dalam Keadaan ROM atau Tidak
Jika kalian ingin Custom ROM yang kosongan tidak diisi apa-apa hanya UI saja, hal ini perlu kalian perhatikan. Karena ada beberapa developer yang sudah memasukkan akses Root ke dalam Custom ROM mereka (Root bawaan ROM).

TRENDING:  Tips Menyembunyikan Status FB dari Teman atau Pacar

9. Perhatikan Hasil Review
Setelah semua cocok dengan tipe dan spek smartphone kalian, saatnya melihat hasil review (ini penting). Karena dari sini kita bisa tahu apa saja yang dialami oleh pemakai Custom ROM tersebut. Jika buruk, segera tinggalkan.

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tips Dalam Memilih Custom ROM Agar Mendapatkan Hasil yang Baik ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @rafelpranata